Click here for Myspace Layouts

Rabu, 26 September 2012

Menelisik Jeroan iPhone 5

Situs iFixit baru-baru ini membedah lebih dalam jeroan iPhone 5 -yang resmi diluncurkan secara global pada 21 September lalu- dan membandingkannya dengan iPhone 4S.
Meski tak melakukan uji benchmarking, pemaparan iFixit cukup menarik, terutama untuk memuaskan rasa ingin tahu para Apple Fanboy di Indonesia yang hingga kini belum mendapat kepastian kapan perangkat tersebut akan hadir di Tanah Air. Berikut beberapa hasil pembedahan iFixit.
Chip A6 Apple: Komponen ini tentu saja menjadi perbedaan utama dari perangkat iPhone sebelumnya. Komponen ini memiliki desain yang unik dari Apple. Pengujian benchmark oleh beberapa situs menunjukkan chip ini dua kali lebih hebat performanya daripada A5. UMB TechInsights telah melihat ke bagian dalam chip itu dan Anandtech telah mengikuti dengan analisis mereka sendiri, menunjukkan bahwa ada sebuah 3-core GPU, yang kemungkinan sebuah PowerVR SGX 543MP3 berjalan pada 266MHz.
Lebih mudah diperbaiki dibanding 4S: iPhone 5 mungkin adalah iPhone yang paling mudah di perbaiki yang pernah kita lihat saat ini.
Layar 4 inci: iPhone 5 terbuka dari depan-ke-belakang, jadi “mengganti layar yang retak menjadi lebih mudah.. dibandingkan dengan iPhone 4S, di mana butuh 38 langkah untuk memisahkan rakitan layarnya.”
Bagian belakang unibody: bagian belakang unibody menyerupai iPhone 3GS yang lama. “hal ini mengingatkan kita akan iPhone 3GS, walaupun mereka masih mempertahankan tepi persegi iPhone 4. iPhone 5 seperti  iPhone 3GS, namun dengan kemudahan akses pada rakitan layar,” ujar iFixit.
Desain baru tombol home: tombol home yang baru memiliki penyangga metal yang terintegrasi, sehingga lebih kuat dan tidak gampang copot.
Baterai dengan Kapasitas yang lebih besar: baterai iPhone 5 memiliki daya voltasi yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar dibanding iPhone 4S. Perbandingannya adalah sebagai berikut: baterai iPhone 5: 3,8V – 5,45Wh; baterai iPhone 4S: 3,7V – 5,3 Wh; baterai Samsung galaxy SIII: 3,8V – 7,98Wh.
4G/LTE: prosesor 4G LTE menggunakan Qualcomm  MDM9615M.
Flash memory Storage: Hynix menyuplai media penyimpanan atau storage 16GB NAND Flash, mungkin ini adalah tanda lain dari menyusutnya status Samsung sebagai pemasok komponen untuk Apple.
DRAM: Elpida LP DDR2 SDRAM 1GB. Elpida merupakan pembuat chip memori dari Jepang yang telah bangkrut, dan hendak diakuisisi Micron Technology yang berbasis di AS
Sensor: STMicroelectronics L3g4200D (AGD5/2235/G8SBI) sama seperti iPhone 4S dan iPad 2.

Sumber : http://chip.co.id/news/read/2012/09/24/3286424/Menelisik.Jeroan.iPhone.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar